Wujudkan SDM Aparatur Unggul, Plt. Gubernur Kalteng Buka Kick Off Kalteng Corporate University Tahun 2020

oleh -0 views

PALANGKA RAYA – . Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya menghadiri acara Kick Off Inovasi Kalteng Corporate University (Corpu) Tahun 2020, bertempat di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur Kalteng pada Rabu (02/12/2020).

Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kalteng Corpu adalah strategi transformasi di mana proses pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dalam rangka mewujudkan SDM Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng yang unggul berdaya saing. Untuk mencapai tujuan sebagaimana yang direncanakan, maka strategi yang diterapkan adalah dengan mengadopsi dan mengembangkan konsep Corpu yang disesuaikan atau tematik dengan Core Business Pemprov Kalteng. Konsep Corpu ini diharapkan mampu mentransformasikan sistem pembelajaran dan budaya kerja yang lebih komprehensif, terarah, dan modern untuk menciptakan aparatur yang berdaya saing tinggi.

“Saya selaku Plt. Gubernur Kalimantan Tengah mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalteng untuk mewujudkan SDM yang unggul di Kalteng melalui strategi Kalteng Corpu ini, di mana dalam Kalteng Corpu, Penyelenggaraan Pengembangan SDM Aparatur tidak hanya untuk meningkatkan kapasitas aparatur saja, tetapi juga dalam rangka pancapaian kinerja Organisasi dalam pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Kalteng serta Pembangunan Nasional,” ungkap Habib Ismail Bin Yahya.

Ditambahkan pula, tidak kalah penting adalah adanya sinergi antara BKD, BPSDM, dan Biro Organisasi dalam memenuhi amanat PP Nomor 17 Tahun 2020, di mana pengembangan SDM yang terintegrasi (Corporate University) tidak bisa dipisahkan dengan Talent Pool Management serta kebutuhan pemenuhan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Selanjutnya, dari Bappeda juga dituntut keterlibatannya dalam Proses Perencanaan dan Penyusunan Grand Design Kalteng Corpu. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2021, Provinsi Kalteng akan menyusun kembali RPJMD Tahun 2021-2026, sehingga diharapkan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Aparatur di Provinsi Kalteng benar-benar sesuai dengan kebutuhan daerah dan bisa berkontribusi nyata dalam Pencapaian Visi Misi Pembangunan Kalteng.

Pada akhir sambutannya, Plt. Gubernur mengharapkan adanya peran serta dari Pemerintah Kabupaten/Kota. “Kiranya bisa berkontribusi dengan sinergitas dan kolaborasi yang harmonis dalam melaksanakan pengembangan SDM ASN di Kalteng untuk mewujudkan ASN Smart, yaitu ASN yang siap menghadapi era disrupsi dan tantangan dunia yang semakin kompleks,” pungkas Plt. Gubernur.

Adapun profil Smart ASN yang dimaksud meliputi integritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai IT dan bahasa asing, berjiwa hospitality, berjiwa entrepreneurship, serta memiliki jaringan luas untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi, yaitu terwujudnya Birokrasi Berkelas Dunia Tahun 2024.

Kepala BPSDM Provinsi Kalteng Sri Widanarni, dalam laporannya menyampaikan bahwa Kick Off Corpu yang dilaksanakan di Kalteng dilandaskan pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Selanjutnya, dilandaskan juga pada Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri serta Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalteng.

Dalam laporan tersebut, disampaikan pula bagaimana Inovasi Kalteng Corpu 2020 untuk Rencana dan Capaian dalam Jangka Pendek, yakni: Membangun Pemahaman Bersama Kalteng Corpu, Pembentukan Tim Efektif, Merancang Bangun Knowledge Management System (KMS), Sosialisasi dan Internalisasi Nilai-nilai Budaya Organisasi BPSDM “MANTAP” (Melayani, Amanah, Nasional, Terbuka, Antusias, dan Profesional), Merancang Bangun Konsep Pusat Pembelajaran, serta Melakukan Sinergi dengan Stakeholder.

Selanjutnya, untuk Rencana Jangka Menengah Kalteng Corpu 2020-2021, yakni: Tersedianya Peraturan Gubernur tentang Corporate University dalam Pengembangan Kompetensi ASN di Kalteng (sedang disusun draft peraturan Gubernur), Tersedianya Standar Layanan Pengembangan Kompetensi Berbasis ISO, Tersedianya Peta Kompetensi ASN di Kalteng, Tersedianya Rencana Strategis Pengembangan Kompetensi ASN di Kalteng, Tersedianya Sarana dan Prasarana Pengembangan Kompetensi yang Memadai, Tersedianya Konten Pengembangan Kompetensi ASN dari Hasil Adopsi dan Adaptasi Kurikulum K/L Pembina dan Penyusun Kurikulum Pengembangan Kompetensi Kearifan Lokal, Tercapainya Sinergitas Kerjasama Bangkom antara BPSDM Provinsi Kalteng dengan Pemangku Kepentingan yang Kebih Luas, Pengembangan Knowledge Management System (KMS), Monitoring dan Evaluasi Budaya Organisasi, Pengintegrasian Hasil Rancang Bangun Konsep Pusat Pembelajaran ke Dalam Dokumen Perencanaan dan Penganggaran, serta Dibangunnya Komitmen antara BPSDM dan Stakeholder.

Kemudian, Rencana Jangka Panjang Kalteng Corpu 2022-2024, yakni: Pengembangan Infrastruktur Jaringan dan Server, Dibangunnya BPSDM Pusat Pembelajaran/Center of Excellent dalam Mewujudkan SDM Unggul Berkelas Dunia di Kalteng, serta Dilakukannya Pertukaran Data (Data Exchange) dengan Stakeholder Terkait Corpu.

Pada kesempatan ini, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia Adi Suryanto secara virtual turut mengucapkan selamat kepada Provinsi Kalteng yang telah menginisiasi pengembangan ASN atau Kalteng Corpu. “Saya kira Kalteng Corpu ini bisa menjadi salah satu upaya kajian kita untuk mengembangkan kompetensi ASN yang berbasis pada pencapaian tujuan sasaran organisasi atau Provinsi Kalteng, di mana Provinsi Kalteng memiliki Visi dan Misi Gubernur (RPJMD). Semua itu akan terlaksana apabila kita punya resolusi SDM yang mumpuni yang punya kompetensi. Oleh sebab itu, pendekatan SDM Corpu adalah merupakan sebuah pilihan yang baik agar pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh BPSDM Provinsi Kalteng betul-betul mengacu pada kebutuhan pengembangan kompetensi di setiap bibit yang ada di Provinsi Kalteng. Semoga ini bisa berjalan dengan baik dan betul-betul kompetensi kapasitas ASN di Kalteng maju dan lebih profesional,” ungkap Adi Suryanto.

Acara Kick Off Kalteng Corpu Tahun 2020 ini ditandai dengan penekanan tombol peresmian fasilitas pendukung Kalteng Corpu Tahun 2020 oleh Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri dan Kepala BPSDM Provinsi Kalteng Sri Widanarni.

Pada akhir acara, dilakukan pembumbuhan tanda tangan komitmen bersama sebagai bentuk dukungan penerapan Kalteng Corpu Tahun 2020 yang dipimpin oleh Plt. Gubernur, Sekda Provinsi Kalteng, dam Kepala BPSDM Provinsi Kalteng yang selanjutnya diikuti oleh beberapa Kepala OPD Provinsi Kalteng yang hadir.

Selain Sekda Provinsi Kalteng dan sejumlah Kepala OPD Provinsi Kalteng serta Kepala LAN Republik Indonesia, tampak hadir pula secara virtual pada acara tersebut, Kepala Puslatnas KDOD LAN Samarinda. Redaksi

Tentang Penulis: Redaksi Suara Borneo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.