Peduli Terhadap Lingkungan, Babinsa Tanjung Tengah Komsos Dengan Pengelola Serabut Kelapa

oleh -2 views

PENAJAM – Siapa tak mengenal pohon kelapa ? Pohon yang menjulang tinggi serta memiliki buah yang besar-besar serta merupakan jenis pohon yang terkenal manfaat, sabut kelapanya, buahnya, dan daun – daunnya. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis yang cuacanya lebih panas atau pesisir pantai.

Ini yang dilakukan Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Serda Heri Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU, peduli terhadap lingkungan binaannya dengan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) ke pabrik pengolahan serabut kelapa milik Jaenuddin dan di kelola oleh Kusdianto yang bertempat di Jl,Wisata RT 06 Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim, Selasa (29/12/2020).

Menurut Babinsa, saat menuturkan ke awak media mengatakan,”Sabut kelapa merupakan limbah pengolahan kelapa yang paling tinggi persentasenya, saat ini sabut kelapa diolah menjadi cocofiber dan cocopeat. Cocofiber merupakan serat sabut kelapa yang panjang dan kuat yang dimanfaatkan untuk produksi jok mobil, keset, dan sebagainya, sedangkan cocopeat adalah sisa serat pendek dan debu yang digunakan sebagai media tanam. Selain itu dari beberapa hasil penelitian sebelumnya diketahui sabut kelapa memiliki potensi untuk dijadikan pupuk organic,”ujarnya.

“Adapun manfaat dari sabut kelapa, sebagai bahan bakar, sebagai bahan dasar kerajinan,untuk menetralisir air dan bau semen,sebagai komponen alat penyaring air sederhana, pembuatan pupuk organik, sebagai bahan dasar membuat briket,”pungkas Babinsa.

Sabut ini lebih hits dan rapi dibanding mulsa media tanam yg lain karena: – Tanaman kesayangan jadi lebih rapi dan bersih – Meredam cipratan media tanam saat penyiraman – Menambah nutrisi tanaman karena mengandung 18% kalium (pengganti pupuk KCL) – Serat Masih original Natural tanpa bahan kimia apapun.

Lanjutnya ,untuk wilayah Kelurahan Tanjung Tengah ini hampir mayoritas masyarakatnya selain nelayan berkebun kelapa dan untuk bahan baku dari pabrik serabut kelapa itu pun tidak kesusahan karena di stok dari wilayah setempat, dan diperdayakan lagi sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” tegas Heri. Redaksi

Sumber Dim 0913/PPU

Tentang Penulis: Redaksi Suara Borneo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.