Babinsa Teladan Koptu Gampang Buka Rahasia Ilmu Pertanian kepada Dandim 0913/PPU dan Kapolres PPU

oleh -0 views

PENAJAM – Salah satu program untuk mendukung ketahanan pangan Nasional diterapkan oleh anggota Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) Koptu Gampang dengan melaksanakan kegiatan produktif pertanian berupa budidaya tanam aneka sayuran dan buah di pekarangan lahan tidur samping rumah yang bertempat di Jln. Silkar RT 07 No 30 Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Prov. Kaltim, Selasa (9/2/2021)

Kebun milik Koptu Gampang kali ini kedatangan dua petinggi TNI dan Polri wilayah Kabupatan PPU yang tak lain adalah Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho SIP serta Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan .S.I.K dengan tujuan untuk melihat hasil kebun miliknya.

Di hadapan Dandim 0913/PPU dan Kapolres PPU, Babinsa Koptu Gampang yang merupakan Alumi Altaduri membeberkan rahasianya dalam memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian, “Saya berinisiatif bersama istri untuk memanfaatkan lahan samping rumah kami yang tidur atau kosong untuk membudidayakan tanam sayuran meliputi tomat, sawi, terong, cabe serta buah pepaya dengan cara tumpang sari.

“Diharapkan dengan menanam sayuran sendiri dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga dan juga bisa lebihnya untuk di jual ke pasar, ”ujar Gampang yang merupakan letting tahun 2000.

Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan .S.I.K kepada awak media menjelaskan ,”Saya sebagai Kapolres kagum dan salut dengan apa yang di lakukan oleh salah satu Babinsa dan kami ingin berencana mengadakan suatu kegiatan dikebun Pak Gampang karena kebun disini selain menjadi percontohan juga memiliki potensi yang sungguh sangat luar biasa,”tuturnya.

“Menurutnya pangan sebagai bahan pokok merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan harian, terlebih di masa pandemi covid – 19”. Ujar Kapolres PPU.

Sementara itu Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho SIP menambahkan,”Kegiatan pertanian ini juga menindaklanjuti anjuran Menteri Pertanian, melalui gerakan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menggalakkan masyarakat menanam sayuran sehingga saat harga naik tidak perlu ada kekhawatiran, ”pungkasnya

“Harapannya mudah-mudahan dengan keberhasilan salah satu anggota Kodim 0913/PPU dalam mengolah lahan ini bisa menjadi contoh anggota lain serta warga dan masyarakat sekitar umumnya warga Kabupaten PPU, ini merupakan salah satu solusi mengatasi ketahanan pangan dan ini perlu kita apresiasi semoga akan ada Kopral Gampang yang lain bukan hanya untuk Kodim tapi untuk penggerak dari masyarakat”, pungkas Letkol Inf Dharmawan. Redaksi

Sumber Dim 0913/PPU

Tentang Penulis: Redaksi Suara Borneo

No More Posts Available.

No more pages to load.