PAPAN PROYEK SUDAH PERNAH DIPASANG, TETAPI HILANG?

oleh -4 views

Ali, Penanggung jawab proyek “kami sudah pernah pasang papan proyek pada awal pelaksanaan pekerjaan, tapi papan proyek hilang, kami akan pasang lagi’

Muara Teweh. Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur dan pelayanan publik menjadi tujuan pemerintah. Terpenuhinya pembangunan infrastruktur publik dan layanan publik dapat menjadi indikator keberhasilan pembangunan. Salah satu pembangunan infrastruktur publik yang sangat mendasar adalah pembangunan infrastruktur jalan.

Pantauan Media ini (01/01/21) bahwa ada pembangunan infrastruktur jalan sedang dikerjakan di jalan Bayas, (lingkar kota-red), Kec. Teweh Tengah, Barito Utara, Kalimantan Tengah. Akan tetapi Media ini tidak melihat papan pengumuman pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan tersebut dilokasi pekerjaan.

Merujuk Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.29/PRT/M/2006, tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.12/PRT/M/2014, tentang Penyelenggaran Sistim Drainase Perkotaan dan Peraturan Presiden No.70 tahun 2012, tentang perubahan kedua atas peraturan Presiden No.54 tahun 2010, tentang Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah pemasangan Papan Pelaksanaan Kegiatan seyogyanya di lakukan pihak pelaksana pekerjaan.

Menilik Undang undang no.14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik diharapkan transparansi kebijakan dan anggaran dapat diketahui publik.

Dalam UU KIP, atau UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan pertama, hak setiap orang untuk memperoleh Informasi; kedua, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan / proporsional, dan cara sederhana; ketiga, pengecualian bersifat ketat dan terbatas; keempat, kewajiban Badan Publik untuk mernbenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Kemudian bila ada proyek pemerintah tidak memasang Papan Pengumuman, apa konsekuensinya?

Publik tentu berharap kegiatan yang dibiayai pemerintah dapat tranparan.

Media ini telah mengkonfirmasi Ali, (11/02/21) yang mengaku sebagai penanggung jawab kegiatan, terkait tidak adanya papan pengumuman kegiatan proyek di lokasi proyek mengatakan bahwa sebelum pengerjaan proyek dilakukan, papan pengumuman sudah dipasang

“Kami sebagai pelaksana kegiatan sudah pernah memasang papan proyek pak, tapi kemudian hilang. Kami akan buat lagi dan pasang papan proyek pak. Papan proyek yang kami pasang sudah kami dokumentasi kan juga, silahkan dilihat dikantor pak” terang Ali kepada media ini sembari berjanji akan mengirimkan papan proyek bila sudah dipasang kembali.

Redaksi.

Tentang Penulis: Redaksi Suara Borneo

No More Posts Available.

No more pages to load.