Edy Nugroho, Kadis DLH Barito Utara : Bila Ada Permasalahan Sampah, Laporkan Kepada Kami

oleh -8 views

Muara Teweh, (01/03/21), Terkait pengelolaan sampah Perusahaan Batu Bara, media ini (17/02/21) menemukan Pengelolaan sampah, bahan berbahaya dan beracun serta limbah B3 di lokasi penambangan PT. Nantoy Bara Lestari (PT.NBL).

PT.NBL adalah sebuah perusahaan tambang batu bara yang berlokasi di Desa Pendreh, Kec.Teweh Tengah, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah diduga tidak melakukan pengelolaan sampah, bahan berbahaya dan beracun serta limbah B3 sebagaimana pedoman perundang undangan.

Kemudian Ikatan Wartawan Online dan Aliansi Jurnalis Video Kab Barito Utara (18/02/21) mengadukan penumpukan sampah bahkan sebahagian sampah ditimbun dengan tanah di Lokasi Penambangan PT.NBL ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kab. Barito Utara.

Tidak berselang lama, pihak Kantor DLH Kab. Barito Utara merespon cepat aduan IWO dan AJV Barut dengan menurunkan tim untuk memastikan kebenaran Aduan dua organisasi wartawan tersebut.

Edy Nugroho, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Barito Utara ketika konfirmasi mengenai hasil pemeriksaan Tim DLH terkait aduan organisasi wartawan tentang penumpukan sampah berbagai jenis di Lokasi Tambang PT.NBL, Edy Nugroho kepada kru media yang tergabung di IWO Barut yang diwakili oleh Bung Hison dan Bung Harianja mewakili AJV Barut mengatakan bahwa hasil hasil pemeriksaan Tim DLH Barut secara tertulis telah di sampaikan ke manajemen PT.NBL.

” Tim kami (Kantor DLH Barito Utara-red) Sdh turun untuk cek Lapangan. Kami telah menyurati pihak perusahaan PT.NBL agar melakukan pengelolaan sampah perusahaan dengan baik, misalnya melakukan pembatasan timbunan sampah, melakukan daur ulang sampah, pemisahan sampah menurut jenis, agar sampah B3 disimpan ditempat penyimpanan tersendiri, terang Edy Nugroho dikantor DLH Kab. Barito Utara didampingi Kabid Pengaduan dan Kabid B3 beserta staf.

“Kami akan terus, secara berkala melakukan monitoring ke semua perusahaan yang ada di Barito Utara. Pengelolaan sampah dilingkungan perusahaan harus ditangani serius” tambah Kadis sembari menambahkan agar perusahaan tidak alpa, harus serius melakukan manajemen pengelolaan sampah dengan baik.

“Saya mengapresiasi IWO dan AJV yang konsen terhadap sampah di Barito Utara, kepada masyarakat Barito Utara bila menemukan masalah sampah, kami mempunyai bidang pengaduan, silahkan membuat laporan, kami akan merespon cepat setiap laporan masyarakat” tutup Edy lugas.

Ary, KTT PT.NBL, merespon temuan penumpukan sampah Lokasi Tambang PT.NBL. Ary tidak menampiknya. Kepada media ini mengatakan akan melakukan proses pengelolaan sampah dengan baik.

“Terima kasih atas koreksinya. Kami komitmen akan melakukan pengelolaan sampah perusahaan dengan baik sesuai dengan Peraturan pemerintah, kami sedang melakukan upaya membangun manajemen pengelolaan sampah di lokasi PTNBL” kata Ary singkat.

Semoga kedepan pengelolaan sampah khusunya sampah perusahaan dapat dikelola dengan baik sehingga keberadaan sampah perusahaan tidak sampai mengakibatkan pencemaran dan pengrusakan lingkungan serta tidak berdampak kepada kesehatan masyarakat yang dekat dengan perusahaan.

Redaksi.

Tentang Penulis: Redaksi Suara Borneo

No More Posts Available.

No more pages to load.