Oknum Wartawan Media Online, Dilapor Kepolres Barito Utara, Terkait Dugaan Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik

oleh -372 views

Muara Teweh. Wartawan dalam melakukan tugas jurnalis wajib melaksanakan kode etik jurnalistik sebagaimana diatur dalam UU Pers No.40 tahun 1999.

Salah satu oknum wartawan yang diduga menjadi wartawan dua media online sekaligus dilaporkan ke Mapolres Barito Utara oleh direktur salah satu perusahaan swasta yang melakukan kegiatan usahanya di wilayah Kab. Barito Utara, Prov. Kalteng (12/05/22).

Foto ilustrasi : www indopers.net

Informasi yang diperoleh dari pelapor, H.Rustam bahwa oknum wartawan yang dilaporkan ke Mapolres Barito Utara adalah Julandi. Beralamat di desa Sei Rahayu 2. Kec. Teweh Tengah. Kab. Barito Utara. Kalteng.

“Wartawan adalah mitra kami. Kami sangat menghormati profesi rekan rekan wartawan. Tetapi kami sangat menyayangkan pemberitaan yang diposting saudara Julandi di dua media online yang berisi, menyiarkan berita atau informasi yang keliru kepada publik” Kata H. Rustam.

“Saudara Julandi, sebelum melakukan pemberitaan, saudara Julandi tidak pernah melakukan konfirmasi atau klarifikasi kepada kami. Dalam pemberian tersebut, saudara Julandi tidak berdasarkan narasumber yang jelas. Ada menulis fakta 2000 dan 3400. Kami tidak tahu apa dasar saudara Julandi menulis demikian. Ada menulis hutan adat dan wilayat. Darimana saudara Julandi mendapatkan data itu. Terkait status hutan adat dan wilayat, kami tidak pernah mendapatkan informasi yang valid dari instansi pemerintah yang berwenang terkait hal itu. Ada menulis putusan Pengadilan Tinggi Pontianak. Putusan apa itu? Menurut kami berita saudara Julandi itu hoax, tidak benar. Atas pemberitaan tersebut tentu kami sangat keberatan dan dirugikan. Maka kami melaporkan saudara Julandi ke Polres Barito Utara.” Terang Haji Rustam serius.

Haji Rustam menambahkan bahwa pemberitaan saudara Julandi bisa mempengaruhi kondusifitas investor yang ada di Barito Utara.

“Kami sangat percaya Polisi profesional dapat menindaklanjuti dan memproses pengaduan kami sesuai prosedur hukum yang berlaku” kata Haji Rustam sembari menambahkan bahwa wartawan adalah pilar pembangunan.

“Wartawan adalah pilar pembangunan, namun jangan lah citra baik rekan rekan wartawan tercederai akibat oknum yang tidak mengindahkan etika jurnalis” ujar Haji Rustam kepada media ini.

Julandi, oknum wartawan yang dilaporkan Haji Rustam ke Mapolres Barito Utara ketika di konfirmasi media ini dan meminta tanggapannya atas laporan Haji Rustam terhadap dirinya, melalui WhatsApp dengan singkat Julandi menjawab “Biar saja pak Lasa yang jawab nanti”

Kenapa pak Lasa yang menjawab? Apakah berita itu pesanan pak Lasa?, tanya wartawan media ini kepada Julandi.

“Saya belum bisa comen bro, menunggu kordinasi” jawab Julandi.

Redaksi

Media ini belum konfirmasi kepada oknum Lasa yang di sebut Julandi.

Tentang Penulis: Redaksi Suara Borneo

No More Posts Available.

No more pages to load.