Sungai Teweh Meluap, TPS Dipindah, Warga Antusias Hadiri Pesta Demokrasi Pilkades Liang Buah, Tiga Calon Kades Tolak Hasil Pemungutan Suara

oleh -487 views

Muara Teweh. Akibat curah hujan yang tinggi, mengakibatkan air Sungai Tewei meluap menggenangi desa Liang Buah, Kec. Teweh Baru. Barito Utara. Kalteng. (19/05/22).

Tampak terlihat ketinggian air setinggi pinggang orang dewasa.
Ketinggian air terlihat selutut kaki bahkan ditempat lainnya ada yang sepinggang orang dewasa.

Akibat luapan banjir tersebut, Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Des Liang Buah yang semula di buat di Pasar Tradisional Desa Liang Buah dipindah ke Kantor Desa Liang Buah yang berada di dataran tinggi dan bebas dari luapan air. Dengan Jukung yang biasa dipakai warga sebagai alat transportasi air, Panitia Pemilihan Desa mengangkut perlengkapan Pilkades ke Kantor Desa.Liang Buah.

Luapan air ternyata tidak menyurutkan semangat warga untuk menghadiri pesta demokrasi dan memberikan hak politiknya. Momen setengah hari Pilkades serentak (dimulai dari jam 8.00 sampai 13.00 wib) benar benar di manfaatkan warga untuk menentukan pemimpinya enam tahun kedepan. Dengan menaiki Jukung (Perahu) warga bersama dua kandidat calon Kades (No.1 dan 2) dan para Panitia Pilkades serta Anggota BPD menuju TPS untuk melakukan pencoblosan surat suara. Sementara Dua kandidat Kades Liang Buah lainnya (No.3 dan 4) tidak tampak hadir, informasi dari warga bahwa dua kandidat tersebut berada di TPS 01 yang berada di muara jalan Desa Liang Buah.

Setelah pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan, ternyata tiga calon kades (Nomor Urut 01, 03 dan 04) menolak menandatangani Berita Acara Pilkades Desa Liang Buah.

Menurut pengakuan Siti Rahmi, calon nomor urut 01 kepada wartawan media ini menyampaikan alasan penolakannya.

“antusiasme warga dalam pesta demokrasi di cederai oleh Panitia Pemilihan Desa Liang Buah. Banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Panitia.” Kata Siti Rahmi kesal.

“Setelah pemungutan suara selesai di laksanakan, panitia di TPS 01 tidak mengumumkan berapa surat suara yang terpakai, yang rusak dan lain lain dan panitia tidak membuat berita acara penyelenggaraan Pilkades yang di ditanda tangani oleh saksi saksi calon kades. Begitu pencoblosan selesai dilaksanakan, panitia langsung membawa kotak suara ke kantor camat, tanpa melalui BPD Desa Liang Buah” tandas Siti Rahmi.

Sukardianto, Calon Kades Nomor Urut 03 menyampaikan kekesalnya terhadap kinerja Panitia Pilkades Liang Buah.

“Kacau. Kinerja Panitia Pilkades Liang Buah ini Kacau. Benar kata Ibu Siti Rahmi, kami menyanggah dan menolak penyelenggaraan Pilkades Liang Buah. Kami ingin Panitia di ganti dan dilakukan Pilkades ulang. Mekanisme pemilihan kepala desa Liang Buah tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Data DPT kami duga bermasalah. Berita acara Pilkades tidak ada. Kami berharap Ketua BPD tidak menanda tangani dan mengumumkan perolehan suara terbanyak sebelum sengketa pilades liang buah diselesaikan” tegas Sukardianto.

Saming, Calon Kades Nomor Urut 4 kepada media ini mengamini pernyataan Siti Rahmi dan Sukardianto .

“Benar, kami bertiga menolak penyelenggaraan Pilkades Liang Buah. Setelah pelaksanaan pencoblosan selesai, kami langsung menemui ketua BPD Liang Buah. Kami menyampaikan keberatan, sanggahan dan penolakan atas penyelenggaraan Pilkades Liang buah. Hari ini (20/05/22) kami sudah membuat surat resmi Sanggahan dan penolakan kepada instansi terkait. Kami berharap Pilkades di ulang” tegas Samin kesal.

Ketua BPD Desa Liang Buah, Misradin, ketika dikonfirmasi media ini terkait laporan sanggahan dan penolakan tiga calon kades Liang Buah terhadap Penyelenggaraan Pilkades Liang Buah tidak menampiknya.

” Ya benar itu. Tiga calon kades Liang Buah datang menemui saya sebagai ketua BPD. Mereka datang menyampaikan sanggahan keberatan dan penolakan atas hasil Pilkades desa Liang Buah. Atas dasar laporan tiga calon kades Liang Buah tersebut, saya tidak menandatangani berita acara penyelenggaraan Pilkades Liang Buah yang di buat oleh panitia Pilkades. Panitia juga tidak ada menyampaikan laporan dan Berita Acara pelaksanaan Pilkades Liang Buah kesaya. Kotak suara mereka bawa langsung ke Kantor Camat Teweh Baru. ” Terang Ketua BPD Liang Buah sembari menambahkan harapannya agar pesta demokrasi di desanya berjalan demokratis dan transparan.

“Harapan saya agar penyelenggaraan pesta demokrasi di desa ini berjalan demokratis dan transparan” kata Ketua BPD Liang Buah supel.

(Redaksi)

Tentang Penulis: Redaksi Suara Borneo

No More Posts Available.

No more pages to load.