Anggaran Dan Penggunaan Dana Panitia Pilkades Liang Buah Tahun 2022 Diduga Sarat Masalah. Warga Minta Diusut?

oleh -773 views
oleh

Muara Teweh. Kamis, 19 Mei 2022 Pilkades Serentak 73 desa yang berada di 9 kecamatan di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah telah selesai di laksanakan.

Pemilihan Kepala Desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di Desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Anggaran dan pembiayaan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa dan tugas Panitia Pemilihan Kabupaten yang pelaksanaannya ditugaskan kepada Desa dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Sedangkan Pemilihan Kepala Desa antar waktu melalui Musyawarah.

Selesai perhelatan Pilkades di Desa Liang Buah, Anggaran Panitia Pilkades Desa Liang Buah, Kec. Teweh Baru, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah dipertanyakan warga. Alasannya, dalam dokumen RAB Panitia Pilkades Liang Buah yang beredar dikalangan warga sebesar Rp.43.560.000;- Biaya tersebut diduga mark up. Penggunaan dana juga ditenggarai bermasalah.

“RAB kan belum tentu realisasinya sama dengan RAB. Bagaimana itu?. Tidak adakah dokumen terkait realiasi dana Pilkades?” Tanya Wartawan Media ini kepada warga yang keberatan dengan besaran dan belanja Panitia Pilkades Desa Liang Buah.

“Tidak ada dokumen pencairan di tangan kami pak. Tapi menurut informasi bahwa apa yang tertuang dalam RAB itu, realiasi anggaran juga sebesar itu. Kami ada bukti foto serah terima uang itu” jawab warga.

“Aneh lah pak. Dana ini mungkin tergolong kecil. Tapi bila di total dengan anggaran Pilkades 73 desa, milyaran juga pak. Kami ingin anggaran panitia Pilkades desa ini diusut. Kami kan tinggal didesa. Kami jelas mengikuti kegiatan panitia di desa kami. Belanja barang panitia Pilkades desa kami (Liang Buah) mengada ada itu. Coba pak baca dokumen ini” kata warga sembari menyodorkan dokumen RAB Panitia Pilkades Liang Buah kepada Wartawan Media ini.

Wartawan media ini mencoba konfirmasi melalui WhatsApp kepada Rapiani selaku Ketua Panitia Pilkades Liang Buah, belum ada tanggapan.

REDAKSI.

Note: Nara Sumber Berita tidak bersedia namanya ditulis di media ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.