Tok, RATLB Koperasi Konsumen KMAJG Pilih Aidil Menjadi Ketua

oleh -57 views

Muara Teweh. Koperasi Konsumen Kain Masyarakat Adat Jakat Gagale (KMAJG) , Desa Hajak, Kec. Teweh Baru, Kab. Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan Luar Biasa (RAT LB).

RAT LB dilaksanakan di Rumah Aidil, Pendiri Koperasi sekaligus salah satu tokoh masyarakat Desa Hajak. Secara aklamasi Rapat Anggota Luar Biasa memutuskan Rumah Aidil menjadi Sekretariat dan Kantor Koperasi KMAJG. (21/04/24).

Kepada awak media, Aidil sebagai Ketua terpilih mengatakan bahwa RATLB adalah sah sebagaimana tertuang dalam Permenkop UMKM No. 15/2015.

“Rapat Anggota Luar Biasa adalah Rapat Anggota yang diselenggarakan apabila terjadi keadaan yang mengharuskan adanya keputusan cepat/segera yang wewenangnya ada pada Rapat Anggota.” Tegas Aidil sembari menambahkan suara RAT dalam Koperasi adalah suara Tuhan. Tidak ada yang boleh membantah apalagi oleh pihak pihak eksternal.

Mengutip dari dokumen Berita Acara RATLB (21/4/24) bahwa dasar pertimbangan dilaksanakan RATLB adalah 1. RAT adalah merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi. 2. RAT LB adalah rapat anggota yang diselenggarakan apabila terjadi keadaan yang mengharuskan adanya keputusan cepat yang kewenangannya ada rapat anggota. (3). RAT LB sangat perlu sebagai acuan untuk evaluasi, pengembangan dan kemajuan Koperasi (4). Bahwa Ketua Koperasi yang dijabat oleh Surya tidak memiliki niat baik untuk melaksanakan RAT. Anggota sudah beberapa kali meminta kepada Surya untuk melaksanakan RAT akan tetapi Surya tidak melaksanakannya. (5). Saudara Surya diduga kuat telah melakukan tindakan melanggar hukum Koperasi. (6). Surya secara sepihak telah melakukan tindakan sepihak memecat pengurus dan anggota Koperasi.

Keputusan RAT LB sebagai berikut : (1) dengan tegas menolak Surat Ketua Koperasi KMAJG yang ditanda tangani oleh Surya Nomor Surat : 02/Kop-KMAJG/IV/2024 tentang Pemberhentian Pengurus dan Pengawas Keanggotaan di Koperasi KMAJG. (2). Memberhentikan Surya sebagai Pejabat Ketua Koperasi KMAJG (3). Mengangkat Pengurus Koperasi KMAJG yang baru.

Adapun anggota yang diangkat menjadi pengurus adalah : (1). Supriyadi, Saurdin S dan Yehezkiel sebagai Ketua, Sekretaris dan anggota Pengawas Koperasi KMAJG. (2) mengangkat Aidil, Solowinarto sebagai Ketua dan wakil ketua, (3) Lamber sebagai sekretaris dan Yiktaria sebagai bendahara.

Selain pengurus inti, RATLB juga memilih 6 orang anggota sebagai kordinator bidang.

RAT LB juga memutuskan agar pihak kepolisian segera memproses laporan pengaduan pengurus terhadap Surya yang diduga melakukan tindak pidana Penggelapan dalam jabatan, meminta kepada Bank Mandiri Cab. Muara Teweh untuk memblokir Buku Rekening dan ATM atas nama Koperasi KMAJG, menyatakan Kop Surat dan cap Koperasi KMAJG yang dibuat dan di tanda tangani oleh Surya adalah tidak sah baik secara internal Koperasi maupun eksternal. Sehingga kepada pihak pihak lain agar tidak tanduk Surya bila mengatas namakan Koperasi KMAJG.

Aidil dengan lugas mengatakan kepada awak media, RAT BL adalah untuk menyelamatkan Koperasi KMAJG dari tangan tangan jahat.

“Kami melakukan ini adalah untuk menyelamatkan Koperasi KMAJG dari tangan tangan jahat. ” Kata Aidil.

“jumlah anggota biasa dan luar biasa adalah diatas 2/3. Sesuai sebagaimana yang dipersyaratkan oleh undang undang” Kata Adil supel.

Terkait Pemecatan Surya dari jabatan Ketua Koperasi KMAJG, awak media belum mendapatkan klarifikasi. Melalui Aplikasi Whatsapp, Surya belum menjawab pertanyaan awak media.

Redaksi

No More Posts Available.

No more pages to load.